Cluster Headeche

Sakit Kepala Cluster
Sumber : http://www.umm.edu
DEFINISI
Sakit Kepala Cluster (sakit kepala klaster) adalah jenis sakit kepala migren yang jarang terjadi, yang menyebabkan nyeri yang luar biasa. Paling sering menyerang pria diatas 30 tahun.
PENYEBAB
Penyebab pasti terjadinya sakit kepala cluster belum diketahui. 
Jika periode sakit kepala cluster dimulai, maka adanya faktor tertentu (misalnya pemakaian alkohol atau obat-obatan tertentu, seperti nitrogliserin) dapat memicu terjadinya sakit kepala yang berat. Untuk itu pada orang-orang dengan sakit kepala cluster perlu menghindari konsumsi alkohol selama periode sakit kepala cluster. 
GEJALA
Serangan seringkali dimulai dengan rasa gatal atau meler pada salah satu sisi hidung, yang mendahului nyeri hebat pada sisi kepala yang sama dan menjalar ke sekitar mata.
Sakit kepala tipe cluster umumnya digambarkan seperti nyeri kepala yang tajam, seperti tertusuk atau terbakar. Nyeri kepala biasanya terlokalisir disekitar mata, tetapi dapat menjalar ke area lain di muka, kepala, leher, atau bahu. Sakit kepala yang terjadi biasanya pada satu sisi. Selain itu dapat ditemukan air mata berlebih, kemerahan pada mata, dan pembengkakan di sekitar mata pada sisi yang terkena. Penderita biasanya gelisah, dan akan memilih untuk berjalan mondar mandir atau duduk dengan bergoyang ke depan dan belakang saat terjadinya serangan. Berbeda dengan migrain, penderita sakit kepala cluster biasanya menghindari tidur berbaring saat serangan karena posisi ini tampaknya menambah rasa nyeri. Rasa nyeri biasanya akan menghilang secara tiba-tiba.
Serangan sakit kepala cluster dapat berlangsung selama 15 menit sampai 2 jam. Kebanyakan serangan terjadi saat malam hari, biasanya satu sampai dua jam setelah seseorang pergi tidur. Selama periode cluster tersebut, sakit kepala dapat muncul setiap hari, terkadang sampai beberapa kali dalam sehari. Periode cluster biasanya berlangsung antara 6-12 minggu. Waktu dimulai dan durasi setiap periode cluster dapat sama dari periode ke periode. Misalnya periode cluster yang terjadi secara musiman, contohnya periode cluster yang terjadi setiap musim panas.
DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejalanya yang khas.
Jika penderita memiliki sakit kepala yang tidak biasa atau adanya kelainan pada pemeriksaan neurologis, maka dapat dilakukan pemeriksaan tambahan untuk menyingkirkan penyebab sakit kepala serius lainnya, seperti tumor atau aneurisma. Pemeriksaan tambahan yang dapat dilakukan antara lain CT scan dan MRI kepala. 
PENGOBATAN
Belum ada terapi penyembuhan untuk sakit kepala cluster. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk mengurangi nyeri, memperpendek periode sakit kepala, dan mencegah serangan.
REFERENSI
- Mayo Clinic. Cluster Headache. 2011.
- Luc Jasmin. Cluster Headache. Medline Plus. 2012.
sumber : medicastore.com

0 Response to "Cluster Headeche"

Post a Comment

MEDICALFLY91.BLOGSPOT.COM