Penyakit Stroke

Stroke

Stroke adalah penyakit yang mempengaruhi darah dalam arteri yang menuju kedalam dalam otak. Stroke adalah  No 4 penyebab kematian dan penyebab utama kecacatan di Amerika Serikat. 

Stroke terjadi bila pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak  diblokir oleh gumpalan atau semburan (atau pecah). Ketika itu terjadi, bagian dari otak tidak bisa mendapatkan darah (dan oksigen) yang dibutuhkan, sehingga sel-sel otak dan mati.




Apa saja jenis stroke? 

Stroke dapat disebabkan baik oleh gumpalan menghalangi aliran darah ke otak (disebut stroke iskemik) atau dengan pecah pembuluh darah dan aliran darah ke otak mencegah (disebut stroke hemoragik). Sebuah TIA (transient ischemic attack), atau "mini stroke yang", disebabkan oleh gumpalan sementara.


Apa saja efek stroke? 


Otak adalah organ yang sangat kompleks yang mengontrol berbagai fungsi tubuh. Jika stroke terjadi dan aliran darah tidak dapat mencapai daerah yang mengontrol fungsi tubuh tertentu, bagian tubuh tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Jika stroke terjadi ke arah belakang otak, misalnya, kemungkinan  bahwa akan terjadi beberapa kecacatan pada penglihatan. Efek dari stroke tergantung pada lokasi obstruksi dan luasnya jaringan otak yang terkena.

Otak Kanan 


Efek dari stroke tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi obstruksi dan berapa banyak jaringan otak yang terpengaruh. Namun, karena satu sisi otak mengendalikan sisi berlawanan dari tubuh, stroke yang mempengaruhi satu sisi akan mengakibatkan komplikasi neurologis pada sisi tubuh itu mempengaruhi. Misalnya, jika stroke terjadi di sisi kanan otak, sisi kiri tubuh (dan sisi kiri wajah) yang akan terpengaruh, yang dapat menghasilkan salah satu atau semua hal berikut: 

-Kelumpuhan pada sisi kiri tubuh 
-masalah penglihatan 
-Cepat, gaya perilaku ingin tahu 

-kehilangan memori

Otak kiri 


Jika stroke terjadi di sisi kiri otak, sisi kanan tubuh akan terpengaruh, menghasilkan beberapa atau semua hal berikut: 

-Kelumpuhan pada sisi kanan tubuh 
-Masalah pidato / bahasa 
-Lambat, gaya perilaku berhati-hati 

-kehilangan memori

batang otak 


Ketika stroke terjadi di batang otak, tergantung pada tingkat keparahan cedera, hal itu dapat mempengaruhi kedua sisi tubuh. pasien umumnya tidak dapat berbicara atau mencapai gerakan di bawah leher atau lumpuh.

sumber : http://www.strokeassociation.org/

0 Response to "Penyakit Stroke"

Post a Comment

MEDICALFLY91.BLOGSPOT.COM